Selasa, 07 Juni 2011

Menjelajah Internet Dengan Chrome

Pilihan untuk menggunakan software web browser semakin bertambah. Google Inc yang terletak di Amerika telah memperkenalkan sebuah web browser baru yang didesain cantik dan lebih cepat menangani video atau program web lainnya, text, dan graphic. Google mengkonfirmasikan software web browsing ini dengan nama Google Chrome, dalam blog pengamat Google, yang disebut Blogoscoped.com.
Google menyatakan bahwa pergerakan browser baru ini akan memperkenalkan versi trial-nya ke public, khususnya untuk pengguna Microsoft Corp. Windows, agar beralih menggunakan Chrome. Google, pemimpin search engine dunia juga bekerja dalam web browser untuk pengguna versi Apple Macintosh dan juga untuk Linux.
Peluncuran Chrome ini merupakan perkenalan baru untuk menjadi pesaing Internet Explorer 8 (IE8), yang telah diluncurkan bulan lalu. IE telah memegang tampuk pimpinan selama tiga kuarter dari pasar browser, yang dibawahnya diikuti oleh Mozilla Firefox, dan Apple Safari. Google mengungkapkan, engineer yang menangani Chrome diambil dari project open source lainnya, termasuk project Apple WebKit dan broser open source Mozilla Firefox. Google berniat untuk membuat source code Chrome lebih terbuka kepada pengembang lainnya untuk dikembangkan lebih lanjut.
Menurut Google, Chrome dijanjikan dapat membuka halaman web lebih cepat dan lebih aman, juga untuk loading kode JavaScript atau yang dikenal V8. “Yang kita butuhkan di sini adalah bukan hanya sekedar browser, namun juga platform modern untuk halaman web dan aplikasi.”, kata VP dari managemen produk Google, Sindar Pichai dan Linus Upson, Engineering Director Google. Google menambahkan, Chrome merupakan web browser untuk menampilkan content yang dinamis dan interaktif di web seperti ketika orang menggunakan televisi, radio, dan koran.